Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BUDIDAYA IKAN LELE DI KOLAM TERPAL

UDIDAYA IKAN LELE DENGAN MEDIA KOLAM TERPAL
Budidaya ikan lele dengan media kolam terpal menjadi pilihan yang sangat tepat bagi para pemula.Karena lebih ringkas,praktis,hemat dan lebih mudah dikontrol dibandingkan dengan menggunakan media lain.

budidaya lele dengan nasa

KEUNTUNGAN BUDIDAYA DIKOLAM TERPAL :
  1. Tidak memerlukan lahan kolam yang luas di sekitaran rumah pun bisa
  2. Modal lebih kecil
  3. Tidak terpengaruh oleh keadaan media / tanah
  4. Mudah dalam pergantian air ndan pengeringan
  5. Sewaktu waktu bisa dipindah tempatkan
  6. Pengontrolan penyakit lebih mudah
  7. Perkembangan dan pertumbuhan dapat lebih terkontrol
  8. Panen akan lebih mudah dan praktis
CARA BUDIDAYA LELE DIKOLAM TERPAL :
Dalam membudidayakan lele di dalam kolam terpal harus disesuaikan dengan jumlah lele yang akan di budidayakan sehingga ketika pembesaran masih ada ruang untuk lele berkembang
Bahan dan alat alat pembuatan kolam :
  • Terpal sesuai jumlah populasi lele yang akan dibudidayakan
  • Kayu, bambu, batu bata, besi atau bahan penopang lainnya 
  • Untuk pengikat bisa pakai paku, kawat, tali atau bahan lainya
  • Alatnya seperti lem, palu atau ember
Dalam budidaya lele biasa digolongkan dalam 2 jenis :
  1. Budidaya pembibitan Yaitu usaha  budidaya yang bertujuan untuk menjual lagi lele nya dalam bentuk bibit lele ke peternak lele lainnya.usaha ini sangat menjanjikan karena tidak memerlukan waktu yang lama untuk mencapai bibit berukuran 2 - 3 cm dibutuhkan waktu  1 bulan dan ukuran 5 - 7 meter dibutuhkan waktu  2 bulan.
  2. Budidaya konsumsi Yaitu usaha budidaya yang bertujuan untuk dijadikan konsumsi.artinya budidaya yang dilakukan untuk pembesaran lele hingga besar dan proposional untuk dijadikan konsumsi.untuk mempercepat hasil yang bagus sebaiknya pilihlah bibit lele yang berukuran 6 - 7 cm karena bibit sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan dan biasanya budidaya ini dibutuhkan waktu 3 - 4 bulan untuk mencapai berat yang diinginkan berkisaran 8-10 ekor per kilogram.

TAHAPAN DALAM BUDIDAYA LELE DIKOLAM TERPAL
      Dalam menjalankan budidaya lele dikolam kita harus mengetahui beberapa tahapan dan keahlian yang bisa kita pelajari agar usaha ini mendapatkan hasil yang maksimal.biasanya ada beberapa hal yang menjadi kendala yang perlu kita hindari antara lain :
  • Adanya hama penyakit yang tidak control sejak awal budidaya
  • Terburu buru dalam pemberian pakan yang bertujuan agar lele cepat besar 
  • Penambahan / penggantian air yang tidak dilakukan
  • Tidak dilakukan pemisahan antara yang besar dan kecil.
BUDIDAYA IKAN LELE DENGAN TEKNOLOGI NASA 

Untuk mendukung keberhasilan budidaya ikan lele dalam kolam terpal, ada beberapa tips dan kunci yang bisa digunakan, yaitu dengan penambahan TON sebagai formula untuk terapi air. TON (Tambak Organik Nusantara) adalah pupuk khusus perikanan yang digunakan sebagai pupuk kolam ikan. Produk TON bisa digunakan untuk semua jenis media kolam, seperti kolam ikan media semen permanen, kolam ikan media terpal, kolam ikan media tanah, kolam ikan model bak dengan media tong atau drum dan lain sebagainya.

Pemberian pupuk khusus perikanan TON pada budidaya perikanan jenis apapun akan membantu menciptakan ekosistem kolam yang kondusif bagi pertumbuhan ikan. Di samping itu juga membantu mempercepat pertumbuhan plankton sebagai pakan alami ikan. Membantu mengurai senyawa beracun yang bisa membunuh ikan. Membantu mempercepat pertumbuhan ikan sehingga panen bisa menjadi lebih cepat tetapi tetap dengan bobot sebagaimana yang ditargetkan. Serta membantu menyediakan suplai oksigen terlarut dalam air sehingga ekosistem kolam manjadi sehat.

Cara praktis aplikasi TON pada budidaya perikanan adalah : 
Campurkan air 10 liter ± 2 sendok makan TON. Selanjutnya siram-siramkan atau percik-percikkan larutan TON tersebut ke sekitar permukaan kolam ikan secara merata. Aplikasi ini dilakukan idealnya setiap 1 munggu sekali. Aplikasi bisa ditingkatkan intensitasnya apabila tiba musim hujan. Setiap kali turun hujan tebarkan larutan TON untuk menetralkan asam yang terkandung pada air hujan yang masuk ke kolam ikan. Aplikasi larutan TON juga perlu dilakukan pada saat air kolam berbau menyengat.
Kunci berikutnya adalah memberikan tambahan nutrisi dan vitamin bagi ternak ikan lele melalui pakan pelet. Nutrisi dan vitamin yang diberikan adalah VITERNA Plus, POC NASA dan HORMONIK.
Pemberian TON, VITERNA Plus, POC NASA dan HORMONIK sangat membantu untuk meningkatkan nafsu makan ikan sehingga pertumbuhan ikan bisa dipercepat.

Manfaat lain adalah membantu menurunkan angka kematian ikan, mengatasi stress pada ikan, serta memberikan peningkatan kualitas pada daging ikan yang dihasilkan serta rendah kolesterol. Dengan pemberian ketiga vitamin tersebut akan menjaga pertumbuhan ikan lebih seragam serta membantu mempercepat masa panen ikan, karena pertumbuhan ikan lele berlangsung lebih cepat.

Cara pakai: 
TON (Pupuk Tambak Organik Nusantara)  digunakan sebagai pupuk kolam / tambak. Campurkan 2 sendok makan TON (Pupuk Tambak Organik )  dengan 20liter air kemudian siram-siramkan di air kolam untuk ukuran kolam 100m2
VITERNA + hormonik + POC NASA digunakan sebagai suplemen campuran pakan ikan. Campur jadi satu wadah, 1 botol VITERNA 500 cc + 1 botol  HORMONIK 100 cc + poc NASA 500cc. Kemudian ambil 1 tutup (10 cc)tambahkan air secukupnya kemudian campurkan dengan 2,5 Kg pakan apa saja.angin-anginkan dulu biar meresap baru di berikan ke ikan.
budidaya lele dengan nasa

budidaya lele dengan nasa

budidaya lele dengan nasa


Manfaat VITERNA ,POC NASA, HORMONIK
  • VITERNA Plus menggunakan teknologi asam amino yang diciptakan dengan pendekatan fisiologis tubuh ikan, yaitu dengan meneliti berbagai nutrisi yang dibutuhkan ikan.
  • POC NASA yang mengandung berbagai mineral penting untuk pertumbuhan ikan, seperti N, P, K, Ca, Mg, Fe dan lain-lain serta dilengkapi protein dan lemak nabati, mampu meningkatkan pertumbuhan bobot harian ikan, meningkatkan ketahanan tubuh ikan, mengurangi kadar kolesterol daging. Sedangkan
  • HORMONIK lebih berfungsi sebagai zat pengatur tumbuh bagi ikan. Di mana formula ini akan sangat membantu meningkatkan pertumbuhan ikan secara keseluruhan.Meningkatkan nafsu makan ikan, ikan tidak stress, sehat, tahan penyakit, angka kematian sangat rendah, menghasilkan daging ikan bermutu tinggi karena rendah kolesterol.

DISTRIBUTOR RESMI PT NATURAL NUSANTARA
SUPRIYADI
Kode Distributor : N - 475094
CALL/WA : 082225829767 PIN BB : 5C5CBE90
gmail : supriyadi763@gmail.com
Supriyadi malino
Supriyadi malino DISTRIBUTOR RESMI PT. NATURAL NUSANTARA SUPRIYADI DUKUHREJO, SUKOREJO, MUSUK, BOYOLALI SMS/CALL/WA : 082225829767 BBM : 5C5CBE90 e-mail : supriyadi763@gmail.com

Posting Komentar untuk "BUDIDAYA IKAN LELE DI KOLAM TERPAL"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Berlangganan via Email