Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TANYA JAWAB SEPUTAR VITERNA

TANYA JAWAB SEPUTAR VITERNA ?


tanya : Bagaimana tanda-tanda kambing-domba yang sedang birahi ?
jawab :Tanda-tanda birahi pada kambing atau domba adalah alat kelamin betina terlihat membengkak, basah, merah dan hangat, menggerakan ekornya, diam apabila dinaikkan pejantan atau ternak lain, terlihat gelisah dan nafsu makan menurun. Apabila tidak dikawinkan atau tidak terjadi kebuntingan maka birahi akan muncul dalam jangka waktu 19 hari kemudian

tanya : Bagaimana mengobati keracunan pada kambing dengan obat tradisonal ?
jawab : Keracunan ringan diminumi air segelas minyak kelapa atau diminumi air kelapa hijau sebanyak-banyaknya. Keracunan insektisida diminumi santan kelapa hangat.

tanya : Bagaimana mengatasi kembung pada kambing ?
jawab
Penyakit kembung pada kambing biasanya dengan gejala sebagai berikut : lambung sebelah kiri membesar kearah atas dan luar, akan terdengar suara seperti drum bila ditabuh. Ternak merasa sakit, gelisah dan sulit bernafas. Daerah mulut sampai daerah mata berubah menjadi kebiru-biruan karena kekurangan oksigen. Ternak tidak mampu menghilangkan gas yang dihasilkan oleh lambung pertama (rumen). Gas timbul karena ternak terlalu banyak makan hijauan legum, pemberian pakan yang tidak teratur, ternak yang terlalu lapar lau makan hijauan / rumput basah. 
Pengobatan : ternak dipaksa berdiri dan berjalan, ikatkan tali atau kayu kecil dalam mulut, ternak dipaksa berdiri, kaki depan diganjal hingga lebih tinggi sehingga ternak terpaksa melakukan kegiatan mengunyah dengan tujuar agar air liur banyak keluar dan kembung dapat berkurang. Ternak diberi gula yang disedu dengan asam dengan posisi berdiri dengan kaki depan lebih tinggi sambil perut ternak ditekan-tekan. Apabila sudah kritis, masukan feeding tube (pipa kecil) de dalam rumen (lambung) melalui mulut, kemudian dihisap (dipompa keluar)



tanya : Berapa umur kambing siap kawin ?
jawab : Kambing betina stelah umur 1 tahun, mulai dapat dikawinkan. Kebuntingan rata-rata lamanya 5 bulan. Produk NASA sangat bagus digunakan untuk kambing betina yang sedang bunting, yaitu 1/2 tutup botol VITERNA dicampurkan pada komborannya per ekor per hari.

tanya : Kapan waktu yang tepat untuk mengkawinkan kambing atau domba ?

jawab : Kambing atau domba dapat dikawinkan apabila kambing atau domba telah menunjukkan tanda-tanda birahi. Waktu perkawinan yang paling baik adalah 12-18 jam setelah tanda-tanda pertama birahi. Campurkan pejantan dan betinga yang tengah birahi dalam satu kandang

Tanda-tanda birahi pada kambing atau domba adalah alat kelamin betina terlihat membengkak, basah, merah dan hangat, menggerakan ekornya, diam apabila dinaikkan pejantan atau ternak lain, terlihat gelisah dan nafsu makan menurun. Apabila tidak dikawinkan atau tidak terjadi kebuntingan maka birahi akan muncul dalam jangka waktu 19 hari kemudian

tanya : Berapa lama masa kebuntingan pada kambing dan domba ?

jawab : Masa kebuntingan kambing dan domba kurang lebih 150 hari ( 5 bulan )


tanya : Berapa jarak antar kelahiran yang baik untuk kambing atau domba ?
jawab : Jarak antar kelahiran yang diharapka adalah 8 bulan. Dalam 2 tahun kambing-domba dapat beranak sebanyak 3 kali, dengan jumlah anak kelahiran adalah 2 ekor, maka dalam 2 tahun tersebut jumlah kambing atau domba akan bertambah 6 ekor.

tanya : Bagaimana perawatan kambing yang sedang bunting ?

jawab
  1. Memberikan pakan dengan kuantitas dan kualitas yang baik, terutama 3 bulan sebelum dan sesudah melahirkan
  2. Menjaga kebersihan kandang
  3. Menjaga keselamatan dalam kandang, misalnya jangan sampai kambing terperosok yang akan mengakibatkan keguguran
  4. Mencukur bulu pada induk domba yang bunting muda, agar melancarkan pembuangan panas dan mencegah jamur dan parasit lain berkembang biak
tanya : Bagaimana mengobati kembung pada kambing dengan obat tradisional ?
jawab
Pengobatan ada beberapa alternatif sebagai berikut :
  1. Campuran minyak kelapa dan parutan jahe dioleskan pada bagian perut yang meninjol
  2. Kapur sirih digosok-gosokan pada bagian perut
  3. Kopi hangat diminumkan pada ternak
  4. 10 asam jawa yang dimasak ke dalam air hangat, ditambahkan gula merah dan 5 buah kunyit yang digerus. aduk sampai rata dan diminumkan pada ternak
tanya : Bagaimana mengobati cacingan pada kambing dengan obat tradisional ?
jawab :
Pengobatan ada beberapa alternatif sebagai berikut :
  1. Buah pinang ditumbuk dan dicampur air
  2. Temu ireng dan buah kelapa muda diparut kemudian dikeringkan. Campuran tersebut kemudian disuapkan pada ternak sehari sekali.
  3. Untuk cempe : jantung pisang hijau dimasak dengai air sampai mendidih dan air tersebut diminumkan pada ternak
tanya : Bagaiman contoh pemberian pakan pada kambing atau domba ?
jawab : Bahan pakan yang diberikan kepada kambing atau domba adalah 10% dari berat badan kambing atau domba. Sebgai contoh kambing dengan berat badan 50 kg maka membutuhkan pakan hijauan seberat 5 kg. Hijauan dapat berbentuk rumput ( rumput lapangan, gajah / kolokonjo, king grass ) dan daun-daunan (rambanan, legume, semak), dengan perbandingan rumput : daun = 60:40

Pakan selanjutnya adalah pakan penguat (konsentrat) yang berasal dari dedak, bungkil kelapa, ampas singkong, ampas tahu. Konsentrat diberikan 1,5-2 kg/ekor/hari. Dan pakan pelengkapnya adalah produk NASA, seperti : VITERNA, POC NASA dan HORMONIK, yang dicampurkan pada komboran ( konsentrat yang telah diberi air secukupnya ) setisp hari.

tanya : Bagaimana cara penggunaan produk NASA pada ternak kambing atau domba ?
jawab : Gunakan VITERNA dan POC NASA.
Cara pemakaian : Campurkan VITERNA dan POC NASA menjadi satu dulu. Dosis 1/2 -1 tutuo campuran 2 produk tersebut dimasukkan kedalam pakan basah / komboran per ekor per hari

tanya : Bagaimana tanda-tanda kebuntingan pada kambing atau domba ?
jawab : Setelah kambing-domba betina dikawinkan, dalam keadaan normal, akan terjadi pembuahan dan diikuti proses kebuntingan.Tanda-tanda kebuntingan ditunjukkan dengan : tidak terlihatnya tanda-tanda birahi pada siklus beriktnya ( 19 hari setelah perkawinan ), membesarnya perut sebelah kanan, ambing menurun, sering menggesekkan badanya ke dindidng, dan kambing tampak lebih tenang.

tanya : Bagaimana pengobatan luka pada kulit kambing dengan obat tradisional ?
jawab :
Pengobatannya ada beberapa alternatif sebagai berikut :
  1. Daun sirih diperas airnya digunakan untuk membersihkan luka
  2. Daun tembakau diberi air dan diperas, dicampur kapur sirih
  3. Biji pinang ditumbunk, dicampur tawas dan kapur sirih. Dibubuhkan pada luka
  4. Tokek dipanggang, diberikan pada ternak yang terserang kutu
  5. Daun ketapang dibubuhkan pada daerah yang terserang gudig
  6. Tumbukan abu dengan minyak kelapa dioleskan pada luka
tanya : Berapa kebutuhan air untuk kambing atau domba ?
jawab : Kebutuhan air ideal untuk kambing atau domba sekitar 1,5-2,5 liter per hari, tetapi sebaiknya air minum untuk kambing atau domba diupayakan selalu ada ( ad libitum )




tanya : Pada peternakan ayam broiler terjadi penyakit ngorok dan lumpuh dengan lutut bengkak, penyakit apakah itu dengan peran VITERNA bisa mengatasi penyakit tersebut ?
jawab : Penyakit broiler dengan ciri tersebut adalah penyakit CRD ( Chonic Respiratory Desease ) atau penyakit saluran pernapasan akut. Disebabkan bakteri Mycoplasma gallisepticum yang dapat menyerang ayam pada semua umur tetapi lebih banyak menyerang ayam muda dan bersifat menular. Penyakit ini sebenarnya tidak begitu berbahaya tetapi jika disertai dengan komplikasi penyakit lain akan sangat merugikan. Cara mencegahnya adalah dengan meningkatkan sanitasi kandang, menjaga aliran udara agar tetap lancar dan meningkatkan daya tahan tubuh ayam. Peranan VITERNA adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam sehingga tidak mudah terserang penyakit ini walaupun sudah terinfeksi bakteri tersebut.

tanya : Mengapa pada saat masuk kuthuk ( anak ayam = DOC ) perlu diberi air gula ? Apakah pada saat itu juga dapat diberi VITERNA ?
jawab : DOC yang baru tiba mengalami kelelahan dan kehilangan sejumlah energi karena stress selama transportasi. Oleh karena itu perlu dikembalikan kondisi kebugaran dengan pemberian air gula yang mengandung glukosa siap pakai sebagai sumber energi. VITERNA juga harus diberikan mulai saat itu untuk sesegera mungkin memberikan nutrisi tinggi pertumbuhan disamping berperan mengembalikan tubuh DOC.




tanya : Bagaimana pemberian produk NASA dan berapa jumlah produk NASA pada usaha ayam potong per 1000 ekor ?
jawab : Untuk 1000 ekor menghabiskan sekitar 5 botol VITERNA + 5 botol POC NASA + 5 botol HORMONIK selama 35 hari. Waktu 23 hari ayam ras bisa mencapai rata-rata berat 1,2 - 1,4 kg. Angka kematian 3-5% dengan FCR rata-rata sebesar 1,3-1,5. Pemberian produk NASA setiap hari, lakukan pencampuran VITERNA, POC NASA, dan HORMONIK masing - masing satu botol menjadi satu larutan dulu, dengan dosis 1 tutup per 10 liter air minum setiap hari.

tanya : Bagaimana mengatasi lalat pada kandang ayam pedaging ?
jawab : Taburkan zeolit pada kotoran setiap hari, ganti alas kandang sesering mungkin bila alas kandang terlihat basah, pembersihan kandang dan peralatan mtempat makan dan minum setiap hari, semprotkan disinfektan secara kontinyu dan pemberian produk NASA setiap hari, seperti campuran VITERNA, POC NASA dan HORMONIK, dengan dosis 1 tutup botol campuran 3 produk tersebut per 10 liter air minum setiap hari.

tanya : Berapa ukuran ideal untuk kandang ayam broiler ?
jawab : Ukuran ideal untuk kandang ayam broiler per 1000 ekor adalah 12 x 6 meter

tanya : Berapa jumlah kepadatan kandang untuk ayam broiler ?
jawab : Jumlah kepadatan ideal kandang untuk ayam broiler adalah 8 - 10 ekor per meter persegi.

tanya : Bagaimana mengatasi penyakit gumboro pada ayam ?

jawab : Ayam yang terkena gumboro disebabkan virus Gumboro. Virus ini menyerang anak ayam yang berumur kurang dari 12 minggu. Penyebaran sangat cepat melalui makanan, minuman, kotoran ayam, alat peternakan, dan orang yang tercemarvirus gumboro sel B bursa fabricii yang bertanggung jawab dalam pembentukan antibodi pembentuk kekebalan. Ciri-ciri anak ayam yang terkena gumboro adalah anak ayam tampak lesu dan ngantuk, bulu mengerut sekitar dubur kotor, kotoran encer berlendir dan berwarna keputihan, tubuh ayam menjadi kering karena kehilangan cairan tubuh, ayam terus menerus mematuki duburnya sendiri, bila tidur paruhnya diletakkan di lantai, angka kematian mencapai 31% ayam yang telah mati bangkainya cepat membusuk. Obat dari penyakit Gumboro ini belum diketemukan, sehingga langkah yang tepat adalah dengan melakukan pencegahan dengan melakukan vaksinasi gumboro dengan teratur.

tanya : Kapan ayam petelur mencapai masa puncak produksinya dan bagaimana mengoptimalkan produksi ayam petelur dengan produk NASA ?

jawab : Masa puncak produksi ayam petelur yaitu pada saat ayam berumur 9 -12 bulan. Produk NASA yang dapat digunakan adalah POC NASA dan VITERNA.
Cara pemakaian : setengah tutup VITERNA + setengah tutup POC NASA dimasukkan kedalam air per 10 liter air minum. Cara pemberian 3 hari sekali atau 3 hari berturut-turut diberi produk NASA, 3 hari selanjutnya diberi air minum biasa dan seterusnya. Produk NASA mampu menggantikan peran dari vitamin dan mineral sintetik yang selama ini diberikan oleh para peternak,sebaiknya digunakan sejak umur ayam 1 hari.

tanya : Berapa jumlah pemberian pakan ideal untuk bebek petelur dan bagaimana produkti telur standarnya ?
jawab : Pemberian pakan bebek yang sudah bertelur : 150 gr/ekor/hari. Rata-rata produksi telur bebek harian adalah 62% atau 19 butir/ekor/bulan.



tanya : Produk NASA untuk pembesaran ayam broiler apa saja ? Bagaimana manfaatnya ?
jawab :

  • Produk yang digunakan Viterna, POC NASA dan Hormonik
  • Kandungan Viterna, POC NASA, Homonik : Protein, mineral, vittamin yang berasal dari bahan-bahan organik / alami bukan kimia / sintetik
  • Cara pemakaian : 3 produk tersebut dicampur mmenjadi 1 larutan terlebih dahulu
  • Dosis : 1 tutup botol campuran 3 produk NASA tersebut per 10 liter air minum per hari
  • Waktu pemberian : Pagi atau sore hari
Keunggulan produk NASA pada Ayam pedaging :
  1. Berasal dari bahan alami / organik bukan dari bahan-bahan kimia atau sintetik
  2. Mampu menggantikan pemberian vitamin dan mineral kimia / sintetik
  3. Meningkatkan nafsu makan
  4. Mengurangi kesetresan pada ayam, baik pada saat masuk kandang pertama kali, setelah ayam divaksinasi atau saat ayam dalam proses pengobatan
  5. Mempercepat waktu panen, rata-rata pada umur 34-35 hari sudah mencapai 1,9 - 2 kg per ekor
  6. FCR rata-rata 1,5 - 1,6
  7. Angka kematian 3-5%
  8. Meningkatkan kesehatan ayam
tanya : Bagaimana mengatasi penyakit pada ayam yang kotorannya berwarna putih ?
jawab : Ayam yang terkena penyakit Pullorum (berak kapur), biasanya banyak menyerang anak ayam dengan ciri khas anak ayam kelihatan kedingian, menggerombol, dan berdesak-desakkan walaupun pemanas cukup panas, pada dubur menempel kotoran encer berwarna keputihan dan lama-lama kering menjadi seperti kapur, anak ayam susah bernafas. Penyebabnya adalah Salmonella pullorum, menyerang segala umur terutama anak ayam dibawah umur 2 minggu, angka kematian mencapai 50%. Pengobatan dengan pemberian furazolidon atau beberapa sulfonomida. Pencegahannya adalah pelihara anak ayam yang induknya bebas pullorum, sanitasi kandang harua bersih, ayam yang terkena segera dipisah

tanya : Berapa konsumsi jumlah air minum pada ayam petelur yang berumur diatas 5 bulan dan ayam pedaging yang telah berumur diatas 2 minggu ?
jawab : Konsumsi air minum rata-rata ayam petelur yang telah berproduksi ( 5 bulan ke atas ) sebesar 208 ml/ekor/hari. Konsumsi air minum ayam pedaging yang berumur diatas 2 minggu sebesar 57-72 ml/ekor/hari.


tanya : Berapa jumlah pakan pabrik yang ideal untuk ayam broiler selama 1 periode pemeliharaan ?
jawab : Pakan ideal untuk ayam broiler adalah minggu pertama 17 gr/ekor/hari, minggu ke-2 43 gr/ekor/hari, minggu ke-3 66gr/ekor/hari, minggu ke-4 91 gr/ekor/hari

tanya : Bagaimana contoh komposisi pakan untuk bebek petelur ?
jawab : Contoh pakan bebek petelur dalam 100 kg : katul 33 kg, nasi aking 44,5 kg, lisin 0,6 kg, metionin 0,2 kg, pakan pabrik 2,7 kg, mineral 0,5 kg, kapur 3 kg, tepung ikan 15,5 kg. Mineral dan vitamin dapat diberikan dengan menggunakan produk NASA yaitu VITERNA dan POC NASA.

tanya : Bagaimana membedakan telur tetas yang benar ?
jawab : Telur dapat dibedakan setelah 3 hari telur dimasukkan kedalam mesin tetas. Untuk melihatnya, gunakan teropong telur. Telur yang dapat menetas, tampak adanya pembuluh darah yang menyebar seperti jala, sedangkan telur yang tidak dapat menetas pembuluh darah berbentuk garis bahkan ada yang tanpa pembuluh darah.



tanya : Kapan itik mulai bertelur ?
jawab : Itik mulai bertelur pada umur sekitar 6 bulan, tetapi perlu waktu untuk penyesuaian dengan lingkungan yang baru, meliputi : kandang, pakan dang pengelolaan yang pasti berbeda dari sebelumnya. 

Faktor yang menentukan produkti telur itik adalah :
  1. Sifat genetik atau keturunan
  2. Pencegahan dan pengendalian penyakit
  3. Pakan
  4. Kondisi cuaca
  5. Manajemen pemeliharaan
tanya ; Produk NASA untuk bebek petelur apa saja ? Bagaimana manfaatnya ?
jawab :


  • Produk yang digunakan Viterna, POC NASA
  • Kandungan Viterna, POC NASA : Protein, mineral, vittamin yang berasal dari bahan-bahan organik / alami bukan kimia / sintetik
  • Cara pemakaian : Viterna dan POC NASA, dicampur menjadi 1 larutan terlebih dahulu
  • Dosis : 1 tutup botol campuran produk NASA tersebut dicampur pada pakan basah / komboran sebanyak 10 - 15 kg
  • Waktu pemberian : Diberi 3 hari sekali. Pagi atau sore hari
Keunggulan produk NASA pada bebek petelur :
  1.  Berasal dari bahan alami / organik bukan dari bahan-bahan kimia atau sintetik
  2. Mampu menggantikan pemberian vitamin dan mineral kimia / sintetik
  3. Meningkatkan nafsu makan
  4. Mengurangi kesetresan pada bebek, baik pada saat masuk kandang pertama kali, setelah bebek divaksinasi atau saat bebek dalam proses pengobatan
  5. Meningkatkan produksi telur bebek 40 -50% per harinya, dibandingkan yang tidak baik menggunakan produk NASA pada masa berproduksi telur
  6. Angka kematian 2 - 4%
  7. Mengurangi bau kotoran
  8. Meningkatkan kesehatan bebek
tanya : Produk NASA untuk bebek pedaging apa saja ? Bagaimana manfaatnya ?
jawab :

  • Produk yang digunakan Viterna, POC NASA, Hormonik
  • Kandungan Viterna, POC NASA, HORMONIK : Protein, mineral, vittamin yang berasal dari bahan-bahan organik / alami bukan kimia / sintetik
  • Cara pemakaian : 3 produk tersebut dicampur menjadi 1 larutan terlebih dahulu
  • Dosis : 1 tutup botol campuran 3 produk NASA tersebut dicampur pada pakan basah / komboran sebanyak 3-5 kg
  • Waktu pemberian : . Pagi dan sore hari
Keunggulan produk NASA pada bebek pedaging :
  1. Berasal dari bahan alami / organik bukan dari bahan-bahan kimia atau sintetik
  2. Mampu menggantikan pemberian vitamin dan mineral kimia / sintetik
  3. Meningkatkan nafsu makan
  4. Mengurangi kesetresan pada bebek, baik pada saat masuk kandang pertama kali, setelah bebek divaksinasi atau saat bebek dalam proses pengobatan
  5. Meningkatkan waktu panen bebek, rata-rata pada umur 42 hari sudah mencapai 1,3 kg per ekor
  6. Angka kematian 2 - 4%
  7. Mengurangi bau kotoran
  8. Meningkatkan kesehatan bebek
tanya : Bagaimana cara seleksi itik selama pemeliharaan ?
jawab : Kualitas itik sangat bervariasi karena faktor genetik. Langkah yang harus dilakukan peternak adalah secepatnya mengeluarkan itik yang produksinya rendah. Itik yang tidak pernah bertelur dapat dilihat dari lubang kloaka (anus)nya yang sempit, sedangkan yang pernah bertelur pasti terlihat melebar. Jika itik yang lain sudah bertelur sampai satu bulan, maka itik yang tidak produktif tersebut harus segera dikeluarkan. Itik yang tidak bertelur secara fisik umumnya terlihat lebih gemuk dan kondisi bulunya masih bagus dan mengkiap. Itik tersebut merugikan, karena makannya banyak tetapi tidak bertelur. Untuk memudahkan proses seleksi, itik sebaiknya dikelompokkan pada kandang yang bersekat, dan setiap sekat paling banyak 50 ekor. Selain itu, itik dapat diperiksa bertelur atau tidak pada saat sore hari menjelang itik tidur. Itik bertelur menjelang pagi hari. Pada sore hari telur itik sudah berbentuk didalam saluran reproduksi diperutnya. Telur yang sudah terbentuk dapat diraba dari luar.

tanya : Bagaimana tanda-tanda itik yang baik ?
jawab : Tanda-tanda itik yang baik :
  • Proporsi tubuh sedang, tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk.
  • Bentuk seperti botol, bagian tubuh belakang lebih besar dengan leher kecil
  • Mata lebih besar, bulat, tampak bersinar dan sehat
  • Bulu kering, lembut dan tidak kasar
  • Tubuh tampak kompak dan padat
  • Paruh relatif panjang, lebih cembung, dan menutup dengan sempurna
  • Untuk itik yang belum bertelur, masih terlihat bulu-bulu halus
tanya : Bagaimana contoh pakan untuk puyuh yang sudah bertelur tanpa pakan pabrik ?
jawab : Contoh formulasi pakan untuk pakan yang sudah berproduksi / bertelur per 100 kg: jagung 36,6 kg, sorgum 6,7 kg, bekatul 24,25 kg, tepung gaplek 2,25 kg, tepung daun pepaya 4,55 kg, bungkil kedelai 9,15, tepung daging bekicot 11,9 kg, tepung daun ubi kayu 4,6 kg. Produk NASA untuk puyuh, gunakan POC NASA dan VITERNA yang dicampur jadi satu dulu, dosis : 1 tutup botol campuran dari 2 produk tersebut per 10 liter air minum diberikan 3 hari sekali.

tanya : Bagaimana mengatasi penyakit bebek, dimana didalam kerongkongan bebek terdapat seperti lintah berwarna merah kemudian menyebabkan gangguan pernapasan dan kemudian mati ?
jawab : Bebek terkena penyakit yang disebabkan sejenis cacing.
Cara pengobatan :
  • Berikan obat cacing pada bebek
  • Upayakan kandang dalam kondisi bersih, lantai kandang tidak terlalu becek atau basah, upayakan sinar matahari dapat menembus lantai kandang dan pekarangan kandang tempat aktivitas bebek
  • Bahan baku pakan diupayakan bahan baku pakan tersebut diletakkan pada tempat yang kering, tidak gampang dihinggapi serangga-serangga, seperti lalat sebagai pembawa penyakit

tanya
: Kapan molting pada bebek petelur ?
jawab :Molting adalah masa gugur bulu. Bulu lama lepas kemudian ganti dengan bulu baru. Cepat lambatnya datangnya molting, banyak dipengaruhi oleh tata cara pemeliharaan, terutama dalam pemberian pakan. Itik yang dipelihara dengan pakan baik dan stabil kualitas dan kuantitasnya, masa produksinya bisa bertahan sampai 10-11 bulan. Tetapi bila pemberian kurang baik, molting bisa datang pada bulan 4-5 masa produksi. Masa molting, dimana produksi telur itik sangat rendah sekitar 1-2 bulan. Selama itu peternak harus selalu memberikan makanan tetapi produksi telur hanya sedikit. Dibeberapa daerah, bebek yang molting langsung diafkir oleh peternak, tetapi ada juga yang tetap dipelihara sampai molting selesai. Produksi telur pada periode ke- pasca molting relatif lebih rendah dari periode sebelum molting, tetapi ukuran telur lebih besar dan rata.

tanya : Berapa pakan yang ideal untuk untuk puyuh yang sudah berumur 31 hari ?
jawab : Untuk puyuh yang sudah bertelur dan berumur 31 hari ke atas, pakan yang ideal diberikan pakan layer dengan jumlah 22-23 gr/ekor/hari.



tanya : Produk NASA yang digunakan untuk merpati yang sudah dewasa ?
jawab :Produk NASA untuk merpati yang sudah dewasa, gunakan POC NASA dan VITERNA yang dicampur jadi satu dulu. 
Dosis : Setengah sendok teh campuran dari 2 produk tersebut dimasukkan pada tempat air minum merpati ( 30 ml ) diberikan 3 hari sekali.

tanya : Apakah vaksinasi itu, pada ayam pedaging kapan dan bagaimana cara memberikannya. Apakah setelah memakai VITERNA masih perlu dilakukan vaksinasi ?
jawab : Vaksinasi adalah memasukkan bibit penyakit yang telah dilemahkan untuk menimbulkan kekebalan alami ayam terhadap penyakit tertentu umur hari vaksinasi ND/tetelo dengan tetes mata, umur 14 hari vaksinasi gumboro lewat air minum dan 21 hari vaksinasi ND lewat air minum. Pada pemeliharaan yang telah menggunakan VITERNA tetap dilakukan vaksinasi untuk mencegah terjangkitnya ayam dari penyakit ND dan Gumboro sehingga tercapai kelengkapan teknis untuk melindungi kesehatan ternak dengan nutrisi tinggi dan vaksinasi yang sesuai.
tanya : Bagaimana pemberian produk NASA pada usaha budidaya bebek pedaging dan bebek petelur ?
jawab : Gunakan VITERNA dan POC NASA. 
Cara pemakaian : VITERNA dan POC NASA dioplos menjadi satu. Dosis untuk bebek pedaging : 1 tutup botol campuran 2 produk tersebut dicampurkan pada pakan basah bebek setiap hari. 1 hari cukup 1 kali pemberian. Lebih baik di waktu pagi hari. Sedangkan untuk bebek petelur dosis sama hanya waktu pemberiannya 3 hari sekali.

tanya : Ayam di tempat kami terkena penyakit ND, apakah produk NASA dapat mengurangi atau mencegah penyakit ND ?
jawab : ND ( Newcastle Disease ) adalah penyakit pada ayam yang disebabkan oleh virus dan sampai sekarang belum ada obatnya, sehingga langkah yang tepat adalah pencegahan. Pencegahan yang dilakukan adalah dengan melakukan program vaksinasi secara teratur, pembrian produk NASA setiap hari, menjaga kebersihan sanitasi kandang dan peralatan, termasuk penyemprotan disinfektan secara teratur untuk membunuh peredaran virus di kandang dan sekitarnya. Ayam yang sudah terkena dipisahkan dri ayam yang sehat, dimasukkan keda;am kandang karantina, kemudian ditambah vitaminnya untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya dan diberikan antibiotika yang dapat mengurangi gejala sakit yang ditimbulkan oleh penyakit ND.

tanya : Apa peran produk NASA terhadap peningkatan produk telur bebek ?
jawab : Produk NASA membantu mengoptimalkan produksi telur bebek sampai 80 - 90% pada masa puncaknya, memperpanjang masa produksi telur, meningkatkan kualitas telur dan kesehatan bebek.

tanya : Bagaimana mengatasi penyakit tetelo pada ayam ?
jawab : Penyakit tetelo dikenal juga sebagai penyakit ND (New castle disease ). Penyakit ini disebabkan oleh virus ND. Gejala-gejala ayam yang terkena tetelo adalah sebagai berikut : Nafsu makan berkurang, ayam lesu, gangguan pernafasan, ngorok, ckik-cekik, gerak tidak normal, jalan berputar, leher berputar-putar. Pengobatannya sampai saat ini belumada obat yang khusus untuk menangani ayam yang sudah terkena tetelo, sehingga langkah pencegahan lebih diutamakan untuk dilakukan, seperti : program vaksinasi ND secara teratur sesuai dengan jadwal vaksinasi, meningkatkan daya tahan tubuh ayam dengan cara memberikan produk NASA, yaitu VITERNA, POC NASA dan HORMONIK menjadi satu larutan kemudian diberikan pada air minum ayam setiap hari dari DOC sampai panen.

tanya : Bagaimana mengatasi ayam yang terkena ngorok, terutama dimusim hujan ?
jawab : Ayam yang terkena ngorok dapat disebabkan karena 2 penyakit : yaitu ND ( New castle Disease = Tetelo ) dan CRD ( Cronic Respiratory Disease ). Pencegahan : lakukan ND secara teratur sesuai dengan jadwalnya. Gejala penyakit CRD adalah nafsu makan turun, ayam batuk-batuk, keluar cairan dari hidung, bersin, kepala sering diguncang-guncangkan, mengeluarkan bunyi ngorok, ayam tampak kurus dan lemah. Penyebabnya adalah bakteri Micoplasma gallisepticum pemberian obat klortetrasiklin, oksitetrasiklin, eritomisin, tilosin, spiramisin dapat membantu proses penyembuhan penyakit CRD.

tanya : Produk NASA untuk ayam petelur atau puyuh apa saja ? Bagaimana manfaatnya ?
jawab :
Produk yang digunakan Viterna, POC NASA
Kandungan Viterna, POC NASA, HORMONIK : Protein, mineral, vittamin yang berasal dari bahan-bahan organik / alami bukan kimia / sintetik
Cara pemakaian : 2 produk tersebut dicampur menjadi 1 larutan terlebih dahulu
Dosis : 1 tutup botol campuran 2 produk NASA tersebut per 10 liter air minum, diberikan hari sekali
Waktu pemberian : . Pagi atau sore hari

Keunggulan produk NASA pada bebek pedaging :

  • Berasal dari bahan alami / organik bukan dari bahan-bahan kimia atau sintetik
  • Mampu menggantikan pemberian vitamin dan mineral kimia / sintetik
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Mengurangi kesetresan pada ayam, baik pada saat masuk kandang pertama kali, setelah ayam divaksinasi atau saat ayam dalam proses pengobatan
  • Mengurangi bau kotoran
  • Meningkatkan kesehatan ayam
  • Mempercepat waktu pertama bertelur. Pada burung puyuh, umur 30 hari sudah mulai bertelur.
  • Pada ayam petelur rata-rata umur 4-5 bulan sudah mulai bertelur
  • Angka kematian 3-5%
  • Cangkang telur lebih kuat
tanya : Bagaimana contoh formulasi pakan untuk ayam petelur yang sudah bertelur tanpa pakan pabrik ?
jawab : Contoh formulasi pakan untuk ayam petelur yang sudah berproduksi / bertelur ( umur 23 minggu keatas) per 100 kg: jagung 50 kg, bekatul 18,4 kg, tepung daun pepaya 4,75 kg, tepung biji kapuk 2,75 kg, tepung daun turi 2,25 kg, bungkil kacang tanah 5 kg, tepung ikan 7,8 kg, molase 0,75 kg, premix 0,5 kg, kacang tanah 7,8 kg. Produk NASA untuk ayam petelur, gunakan POC NASA dan VITERNA yang dicampur jadi satu dulu. Dosis : 1 tutup botol campuran dari 2 produk tersebut per 10 liter air minum diberikan 3 hari sekali

tanya : Kotoran ayam berwarna hijau, nafsu makan menurun, kira-kira ayam terkena penyakit apa dan bagaimana mengobatinya ?
jawab : Ayam terkena penyakit Fowl cholera (kolera). 
Ciri-ciri klinisnya : Ayam akan mati mendadak (akut) tanpa gejala, kotoran mencret berwarna kuning coklat atau kehijauan, suhu badan tinggi, nafsu makan kurang, ayam lesu, jengger dan pial roboh warna biru tua. Penyebabnya adalah bakteri Salmonella multicida menyebabkan kematian 1-3 hari sesudah ayam terlihat sakit, menyerang ayam diatas umur 4 bulan, perantara makanan dan minuman yang tercemar bakteri, tangan peternak yang kotor, kontak pernafasan, perpindahan karyawan/tamu pengobatan dapat diberikan preparat sulfonamida, obatnyang mengandung antibiotika atau kombinasi antibiotika, sulfa dan vitamin. Obat dapat diperoleh di toko obat hewan atau pakan


tanya : Produk NASA untuk kuda apa saja ? Bagaimana manfaatnya ?
jawab :

  • Produk yang digunakan Viterna, POC NASA
  • Kandungan Viterna, POC NASA : Protein, mineral, vittamin yang berasal dari bahan-bahan organik / alami bukan kimia / sintetik
  • Cara pemakaian dan dosis : Viterna dan POC NASA, masing-masing setengah tutup dicampur pada pakan basah / komboran sebanyak 6-7 kg, diberi setiap hari
  • Waktu pemberian : Pagi atau sore hari
  • Pemberian produk NASA tidak menyebabkan kemajiran / kemandulan atau keguguran
  • Untuk kuda yang sedang bunting, pemberian produk NASA dapat diberikan setiap hari selama 4 bulan kebuntingan pertama. Selanjutnya untuk umur kebuntingan 5 bulan sampai melahirkan, produk NASA dapat diberi 3 hari sekali sebagai pakan pelengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada induk kuda.
Keunggulan produk NASA pada kuda :
  • Berasal dari bahan alami / organik bukan dari bahan-bahan kimia atau sintetik
  • Merupakan pakan tambahan yang berperan sebagai sumber protein, mineral dan vitamin
  • Mampu menggantikan pemberian vitamin dan mineral kimia / sintetik
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Mempercepat adaptasi kuda terhadap pakan, pada saat pertama kali masuk kandang
  • Mengurangi kesetresan pada kuda, baik pada saat masuk kandang pertama kali, setelah kuda divaksinasi atau saat kuda dalam proses pengobatan
  • Mempercepat pertumbuhan kuda
  • Mengurangi bau kotoran
  • Meningkatkan kesehatan kuda
  • Meningkatkan kualitas daging kuda dengan warna lebih merah, padat dan rendah lemak
tanya : Produk NASA untuk kelinci apa saja ? Bagaimana manfaatnya ?
jawab :
  • Produk yang digunakan Viterna, POC NASA
  • Kandungan Viterna, POC NASA : Protein, mineral, vittamin yang berasal dari bahan-bahan organik / alami bukan kimia / sintetik
  • Cara pemakaian dan dosis : Viterna dan POC NASA, masing-masing setengah tutup dicampur pada pakan basah / komboran sebanyak 1/2 - 1 kg, diberi setiap hari
  • Waktu pemberian : Pagi atau sore hari
  • Pemberian produk NASA tidak menyebabkan kemajiran / kemandulan atau keguguran
Keunggulan produk NASA pada kelinci :
  • Berasal dari bahan alami / organik bukan dari bahan-bahan kimia atau sintetik
  • Merupakan pakan tambahan yang berperan sebagai sumber protein, mineral dan vitamin
  • Mampu menggantikan pemberian vitamin dan mineral kimia / sintetik
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Mempercepat adaptasi kelinci terhadap pakan, pada saat pertama kali masuk kandang
  • Mengurangi kesetresan pada kelinci, baik pada saat masuk kandang pertama kali, setelah kelinci divaksinasi atau saat kelinci dalam proses pengobatan
  • Mempercepat pertumbuhan kelinci
  • Mengurangi bau kotoran
  • Meningkatkan kesehatan kelinci
  • Meningkatkan kualitas daging kelinci dengan bentuk lebih padat dan rendah lemak

tanya : Produk NASA untuk babi apa saja ? Bagaimana manfaatnya ?
jawab :
  • Produk yang digunakan Viterna, POC NASA
  • Kandungan Viterna, POC NASA : Protein, mineral, vittamin yang berasal dari bahan-bahan organik / alami bukan kimia / sintetik
  • Cara pemakaian dan dosis : Viterna dan POC NASA, masing-masing setengah tutup dicampur pada pakan basah / komboran sebanyak 5 kg, diberi setiap hari
  • Waktu pemberian : Pagi atau sore hari
  • Pemberian produk NASA tidak menyebabkan kemajiran / kemandulan atau keguguran
Keunggulan produk NASA pada babi :
  • Berasal dari bahan alami / organik bukan dari bahan-bahan kimia atau sintetik
  • Merupakan pakan tambahan yang berperan sebagai sumber protein, mineral dan vitamin
  • Mampu menggantikan pemberian vitamin dan mineral kimia / sintetik
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Mempercepat adaptasi babi terhadap pakan, pada saat pertama kali masuk kandang
  • Mengurangi kesetresan pada babi, baik pada saat masuk kandang pertama kali, setelah babi divaksinasi atau saat babi dalam proses pengobatan
  • Mempercepat pertumbuhan babi dalam waktu 6-7 bulan, sudah mampu mencapai berat badan 70-80 kg per ekor
  • Mengurangi bau kotoran
  • Meningkatkan kesehatan babi
  • Meningkatkan kualitas daging babi dengan bentuk lebih padat dan rendah lemak

Begitulah tanya jawab seputar viterna, kunjungi artikel-artikel kami juga di halaman yang lain. Semoga bermanfaat.

ternak babi viterna, ternak merpati viterna, ternak kuda viterna, ayam broiler viterna, meningkatkan bebek petelur viterna, meningkatkan ayam pedaging viterna, ternak kambing viterna, ternak domba viterna, ternak sapi viterna, ternak kelinci viterna
Supriyadi malino
Supriyadi malino DISTRIBUTOR RESMI PT. NATURAL NUSANTARA SUPRIYADI DUKUHREJO, SUKOREJO, MUSUK, BOYOLALI SMS/CALL/WA : 082225829767 BBM : 5C5CBE90 e-mail : supriyadi763@gmail.com

Posting Komentar untuk "TANYA JAWAB SEPUTAR VITERNA "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Berlangganan via Email